Perjalanan Ekstrim Wisata Di Antartika

Saat ini tempat Wisata di Antartika memang tengah booming dikalangan traveller. Bagaimana tidak? Antartika yang dikenal sebagai salah satu tempat ekstrim yang ada di dunia justru malah dijadikan sebagai lokasi liburan. Tidak hanya dikenal sebagai lokasi ekstrim saja, Antartika juga dikenal dengan beberapa bentuk keunikan lainnya yang menjadikan lokasi tersebut  menarik sebagai tempat wisata untuk menghabiskan waktu liburan Anda. Ingin tau apa saja keunikan dari lokasi tersebut? Simaklah uraian penjelasannya di bagian bawah ini :

1. Tingkat temperatur rendah

Antartika
Antartika (foto: http://www.kaliteliresimler.com)

Melakukan liburan di kawasan Antartika tentu saja hal pertama yang terbayang adalah suhu dingin yang dimilikinya. Ya, Antartika dikenal sebagai lokasi kutub yang  dilingkupi dengan salju dan bahkan es batu. Karena itulah tidak heran rasanya jika lokasi yang satu ini dikenal sebagai tempat ekstrim pertama yang cukup berbahaya namun mulai menarik perhatian para pengunjun untuk menikmati keindahan yang dimilikinya.

Antartika juga dikenal sebagai kawasan dari kutub selatan  yang ternyata menurut sejarah pernah mengalami perubahan bentuk cuaca dengan cukup tajam. Hal ini ditunjukkan dengan suhu yang dimilikinya, yang mana suhu tersebut mencapai angka -89,2 derajat celcius. Kondisi tersebut terjadi pada tanggal 21 Juli di tahun 1983. Selain itu, hal yang juga cukup mencengangkan adalah hitungan derajatnya tersebut yang justru tidak dilakukan dalam sistem fahreinheit, melainkan berada dalam hitungan derajat celcius.

Keadaan tersebut timbul karena radiasi dari cahaya matahari yang tidak muncul, sehingga langit berada dalam kondisi yang sangat bersih dan udara yang terdapat di sana pun begitu stabil. Kejadian tersebut memang sudah berlalu dalam beberapa tahun yang lalu dan bahkan terbilang sudah cukup lama. Namun bagi Anda yang hendak mengunjungi kawasan Antartika sebaiknya perhatikan bentuk suhu yang terdapat di sana, sehingga Anda  pun akan tetap berada dalam kondisi yang aman.

2. Lokasi kutub magnetik serta penguin terbanyak

Untuk melakukan tamasya ke lokasi yang satu ini dapat dilakukan melalui beberapa titik saja. Hal ini berkaitan dengan tur menuju Antartika yang juga hanya disediakan oleh pihak-pihak tertentu saja. Penerbangan menuju lokasi itu disebut dengan Antartica Sightseeing Flight, yang kini mulai mengoperasikan sekitar 19 rute yang berbeda-beda, dari lima kota yang terdapat di kawasan Australia. Kota tersebut diantaranya adalah Sydney, Perth, Melbourne, Adelaide serta Brisbane. Perjalanan wisata menuju Antartika dari beberapa lokasi itu biasanya memiliki kecepatan waktu dari 12 hingga 13 jam perjalanan. Sedangkan untuk jenis pesawat yang digunakan adalah Qantras 747-400ER.

Untuk mencapai lanskap Antartika itu sendiri dibutuhkan sekitar 3 jam setelah Anda melakukan lepas landas. Sedangkan penggunaan pesawat terbang dibagian atas dari benua yang terdapat dibagian paling selatan ini justru akan berjalan dalam hitungan waktu selama 4 jam, hal ini bahkan tidak dilakukan dengan menyentuh bagian tanah sekalipun. Dua orang kapten pesawat yang membawa  Anda untuk melakukan perjalanan wisata tersebut tentunya akan memberikan rute perjalanan terbaik bagi Anda, sehingga terhindar dari pengaruh cuaca yang buruk.

Sedangkan rute yang cukup banyak disukai oleh para kapten diantaranya adalah rute dari kutub magnetik selatan, kemudian pangkalan Perancis yang terdapat dibagian Dumont d’Urville. Lokasi tersebut juga dikenal cukup ekstrim karena berkaitan dengan gletser dramatis yang berada tepat di bagian belakang dari gunung es Iceberg Alley. Selain itu, ada pula Commonthwealth Bay yang juga dilengkapi dengan pondok untuk para penjelajah Douglas Mawson.

Selain beberapa pemandangan menarik dari rute tersebut, ada pula pemandangan yang tidak kalah menarik lainnya. Seperti halnya Ninnis Glacer serta Mertz Glazer yang juga masih berlokasi di sekitar pusaran gunung Transanstartika, kemudian Tera Nova Bay, juga formasi es yang ditunjukkan oleh Ross Sea. Sementara itu ketika pesawat terbang dalam keadaan yang cukup rendah, maka ia pun akan menghindari bentuk koloni penguin yang memang banyak terdapat di sana. Karena pada dasarnya para penguin tersebut tidak dapat mendengar atau bahkan melihat pesawat yang masih terdapat dalam jarak ketinggian tertentu.

3. Pesta tahun baru di Antartika

Sebagai  tempat liburan, lokasi Wisata di Antartika juga seringkali dijadikan sebagai tempat untuk merayakan perayaan akhir tahun yang cukup menyenangkan. Meskipun terdengar ekstrim untuk melakukan perjalanan tersebut. Namun justru bentuk perjalanan yang diberikan oleh pihak penyelenggara tur ini justru dibuat dengan menyenangkan. Hal ini terbukti melalui hiburan di dalam pesawat yang cukup menunjang. Seperti halnya hiburan dalam bentuk tarian, serta iringan musik yang dilakukan secara langsung dari beberapa band jazz tertentu.

Untuk mendapatkan fasilitas perjalanan wisata tersebut, tentu saja para pengunjung bisa memilihnya sesuai dengan selera yang mereka miliki. Karena selama perjalanan dalam penerbangan yang dilayani oleh pihak Qantas para wisatawan juga diberikan beberapa bentuk pilihan kabin yang berbeda. Kabin tersbeut dibagi menjadi tujuh kelas. Dimulai dari kelas menengah atau disebut dengan economy class center hingga kabin yang diperuntukkan bagi kelas atas atau ice class.

Penerbangan yang dilakukan untuk mengunjungi Antartika pun tidak perlu Anda risaukan, karena bentuk pelayanan yang diberikan itu sendiri dilakukan dengan memilih para ahlinya. Sehingga mereka sangat terampil, dan bahkan cekatan dalam menggambarkan berbagai macam bentuk pemandangan yang Anda lewati serta fakta-fakta yang terdapat di sekitarnya. Selain itu bentuk penerbangan dalam tur menuju Antartika tersebut juga akan Anda rasakan dengan nuansa yang berbeda, karena dalam pesawat yang digunakan terdapat presentasi live streaming yang dibuat oleh para ilmuan antartika itu sendiri.

4. Lokasi wisata kebun binatang

Hal lainnya yang cukup unik ketika Anda mengunjungi kawasan wisata kutub selatan ini yaitu terdapatnya lokasi kebun binatang. Pada dasarnya kebun binatang selalu dipenuhi dengan berbagai macam jenis binatang yang berbeda-beda. Tempat tersebut juga seringkali dijadikan sebagai lokasi riset, pendidikan, atau bahkan tempat konservasi untuk jenis binatang yang terancam punah. Banyaknya jenis binatang yang dipeliharan di kebuh binatang umum adalah jenis binatang darat. Sedangkan untuk satwa air mereka seringkali disimpan di dalam akuarium

Namun tentu saja untuk jenis binatang yang ada di Antartika itu sendiri sedikit berbeda dengan jenis binatang yang terdapat dalam kebun binatang pada umumnya. Karena binatang tersebut hanya lah beberapa macam binatang yang ada di lokasi itu saja. Karena jenis binatang yang terdapat di Antartika cukup jarang untuk ditemukan, maka harga untuk tiket dari kabun binatang ini pun menjulang dengan tinggi, yaitu sekitar US $ 30.000 atau jika dirupiahkan maka setara dengan Rp 270 juta untuk setiap orangnya.

Di lokasi kebun bintang ini, Anda juga dapat melihat atraksi yang  menakjubakan dan hanya terdapat di kawasan Antartika saja. atraksi tersebut dilakukan oleh perkumpulan pinguin salju yang juga diadakan di white desert. Tidak hanya itu saja, Anda pun dapat bermain ice skating dengan sepuas hari dan bahkan membuat gunung salju dengan mudah di lokasi tersebut. Selain beberapa bentuk kegiatan itu tadi, masih terdapat beberapa bentuk kegiatan lainnya yang juga bisa Anda nikmati dalam perjalanan Wisata di Antartika yang menyenangkan namun cukup menguras isi dompet Anda.

Catatan Penting

Informasi: Tidak ada kedutaan besar di Antartika www.iaato.org
Dokumen: Paspor
Kesehatan: Anda harus membawa pakaian yang sesuai, yang melindungi dari angin dan cuaca dingin yang sangat menusuk
Lama perjalanan: 10 hari hingga 3 minggu melalui laut dari Ushuala, 24 zona waktu ada di sana
Bahasa: Inggris dan SpanyolMata uang: Peso Argentina, Peso Chili dan Dolar Amerika
Populasi: Tidak ada penduduk permanen, tetapi terjadi pergantian personel secara rutin di pangkalan-pangkalan riset.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *