Wisata Curug Cinulang, Pesona Air Terjun Alami di Bandung

Wisata Curug Cinulang, Pesona Air Terjun Alami di Bandung – Bandung merupakan ibukota dari Propinsi Jawa Barat, kota yang satu ini juga merupakan kota paling besar yang ada di propinsi tersebut dengan luasnya mencapai kurang lebih 167 km². Bandung juga memiliki kawasan metropolitan yang disebut dengan nama Bandung Raya di mana kawasan metropolitan tersebut meliputi beberapa wilayah yang ada di sekitarnya. Sebagai kota terbesar yang ada di Propinsi Jawa Barat, tentu saja Bandung memiliki daya tarik tersendiri, salah satunya adalah wisatanya.

Bandung memang telah dikenal sejak lama sebagai salah satu kota tujuan wisata yang sangat populer di Propinsi Jawa Barat, hal ini dikarenakan Bandung menyimpan potensi wisata yang sangat besar. Anda bisa menemukan berbagai macam tempat wisata di Bandung yang mana salah satunya adalah Curug Cinulang, tempat wisata yang satu ini dikenal memiliki panorama alam yang sangat indah sehingga tentu bisa Anda jadikan sebagai destinasi wisata untuk mengisi waktu liburan bersama keluarga ataupun sahabat. Berikut ini ulasan mengenai wisata Curug Cinulang selengkapnya.

1. Lokasi dan Akses Menuju Curug Cinulang

Curug Cinulang merupakan sebuah objek wisata alam berupa air terjun yang lokasinya ada di Kecamatan Sindulang, Kabupaten Bandung Timur yang mana lokasinya berbatasan langsung dengan Kabupaten Sumedang. Akses jalan menuju Curug Cinulang sendiri tergolong mudah di mana Anda bisa mengambil rute melalui jalur Cicalengka, Anda akan bisa menyaksikan panorama alam berupa hutan yang indah sepanjang perjalanan.

2. Tiket Masuk Curug Cinulang

Untuk bisa menyaksikan pesona Curug Cinulang, tentu saja Anda harus membayar tiket masuk terlebih dahulu. Para wisatawan cukup membayar retribusi yang sangat terjangkau yakni 5 ribu rupiah per orang, sedangkan untuk biaya parkir maka Anda akan dikenakan tarif sebesar 3 ribu rupiah untuk setiap kendaraan sehingga total biaya retribusi yang harus Anda bayarkan hanyalah sebesar 8 ribu rupiah saja.

3. Pesona Keindahan Curug Cinulang

Begitu Anda sampai di lokasi, maka Anda akan langsung bisa menyaksikan keindahan dari Curug Cinulang. Curug Cinulang sendiri terdiri dari dua buah air terjun alami yang letaknya berdampingan dengan ketinggian mencapai kurang lebih 30 meter sehingga membuat panoramanya sangat eksotis. Selain itu kondisi alam di sekitar Curug Cinulang juga masih sangat asri dengan banyaknya pepohonan rindang sehingga membuat udaranya sejuk.

4. Kegiatan Menarik di Curug Cinulang

Para wisatawan yang mengunjungi Curug Cinulang juga bisa melakukan berbagai kegiatan yang mengasyikkan, Anda bisa bermain air menikmati kesegaran air yang ada di Curug Cinulang. Selain itu Anda juga akan bisa melakukan terapi dengan berdiri persis di bawah Curug Cinulang untuk merasakan percikan air yang jatuh sehingga Anda akan merasakan sensasi pijatan yang dipercaya bisa membuat tubuh Anda menjadi lebih relaks.

Apabila Anda sedang berencana untuk berwisata ke Bandung, maka tidak ada salahnya apabila Anda menyempatkan diri untuk berkunjung ke objek wisata Curug Cinulang.

Wisata Curug Cigamea, Pesona Air Terjun Eksotis di Bogor

Wisata Curug Cigamea, Pesona Air Terjun Eksotis di Bogor – Bogor merupakan salah satu kota yang terletak di Propinsi Jawa Barat, kota yang satu ini lokasinya tidaklah jauh dari Jakarta dan masih berada di dalam kawasan metropolitan Jabodetabek yang merupakan kawasan metropolitan terbesar di Indonesia. Bogor yang sering dijuluki sebagai kota hujan ini secara geografis terletak di wilayah dataran tinggi sehingga membuat udaranya sangatlah sejuk dengan lingkungan yang masih asri, Bogor sendiri telah menjadi salah satu tujuan wisata yang sangat populer di Jawa Barat.

Bogor memang menyimpan potensi wisata yang begitu besar di mana ada banyak objek wisata menarik yang bisa Anda kunjungi untuk mengisi waktu liburan bersama keluarga tercinta ataupun sahabat. Salah satu objek wisata yang bisa Anda temukan di Bogor adalah Curug Cigamea yang mana akan menyajikan panorama alam yang begitu indah sehingga menjadi tujuan wisata yang populer di kalangan wisatawan yang menyukai keindahan alam. Bagi Anda yang merasa penasaran dengan keindahan yang ditawarkan oleh Curug Cigamea, maka simaklah ulasan di bawah ini.

1. Lokasi dan Akses Menuju Curug Cigamea

Curug Cigamea adalah sebuah objek wisata yang lokasi persisnya ada di Desa Gunungsari, Kecamatan Pamijahan, yang mana lokasinya tidaklah jauh dari pusat kota Bogor. Akses jalan menuju ke Curug Cigamea sendiri tidaklah sulit karena telah bisa Anda lewati menggunakan kendaraan bermtor, selain itu telah tersedia beberapa pilihan moda transportasi yang akan mengantarkan Anda dari Kota Bogor menuju lokasi Curug Cigamea.

2. Pesona Keindahan Curug Cigamea

Perlu Anda ketahui bahwa Curug Cigamea ini terdiri dari dua buah air terjun yang terpisah, air terjun yang pertama memiliki ciri khas tebingnya yang curam menyerupai dinding berwarna hitam. Sedangkan air terjun yang kedua terletak di celah – celah sebuah tebing, kedua air terjun ini jaraknya terpisah cukup jauh yakni kurang lebih 30 menit perjalanan, namun kedua air terjun ini memiliki pemandangan alam yang sangat eksotis.

3. Aktivitas Menarik di Curug Cigamea

Anda bisa melakukan berbagai macam aktivitas menarik di Curug Cigamea, salah satunya adalah melakukan trekking dari air terjun yang pertama menuju air terjun kedua di mana Anda akan bisa menyaksikan panorama alam yang begitu mempesona. Selain itu Anda juga bisa bermain air di bawah air terjun untuk merasakan kesegaran air dari Curug Cigamea, Anda juga bisa berfoto dengan latar belakang Curug Cigamea yang sangat indah.

4. Tiket Masuk dan Fasilitas di Curug Cigamea

Untuk bisa menikmati pesona keindahan dari Curug Cigamea ini, Anda harus membeli tiket masuk sebagai biaya retribusi seharga 15 ribu rupiah per orang yang mana sudah termasuk asuransi dan biaya parkir kendaraan. Selain itu Anda juga akan bisa menemukan beberapa fasilitas pendukung yang tersedia di Curug Cigamea seperti misalnya area parkir yang cukup luas, toilet dan kamar mandi, rest area, hingga warung makan.

Apabila Anda ingin pergi berwisata ke Bogor, maka Anda tidak boleh melewatkan Curug Cigamea yang akan menyajikan panorama alam yang begitu eksotis.

Wisata Candi Plaosan, Pesona Wisata Sejarah di Klaten

Wisata Candi Plaosan, Pesona Wisata Sejarah di Klaten – Klaten merupakan sebuah kabupaten yang berada di Propinsi Jawa Tengah, kabupaten yang pusat pemerintahannya ada di Kota Klaten ini lokasinya berbatasan langsung dengan Kabupaten Gunungkidul yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta. Meskipun namanya tidaklah sepopuler Yogyakarta, namun Klaten ternyata juga bisa Anda jadikan sebagai tujuan wisata alternatif untuk mengisi waktu akhir pekan atau libur panjang karena kabupaten yang satu ini memang memiliki potensi wisata yang cukup besar.

Salah satu tempat wisata menarik yang bisa Anda kunjungi di Klaten adalah Candi Plaosan yang mana akan sangat sesuai untuk dikunjungi oleh para penyuka wisata sejarah. Sebagian besar wisatawan yang berkunjung ke Klaten akan mengunjungi Candi Prambanan sebagai destinasi utamanya, namun tidak ada salahnya juga apabila Anda mengunjungi candi lainnya yang ada di Kabupaten Klaten yakni Candi Plaosan. Meskipun dimensi Candi Plaosan tidaklah sebesar Candi Prambanan, namun candi ini tetap memiliki pesona yang sangat sayang untuk Anda lewatkan.

1. Lokasi dan Akses Menuju Candi Plaosan

Candi Plaosan adalah salah satu objek wisata sejarah yang lokasi persisnya berada di Dukuh Plaosan, Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten yang mana lokasi candi ini tidaklah jauh dari Candi Prambanan yakni hanya berjarak kurang lebih 1 km saja. Akses jalan untuk menuju Candi Plaosan juga terbilang mudah karena Anda bisa menggunakan berbagai macam moda transportasi dari Jogja seperti taksi, bus umum, hingga kendaraan sewa.

2. Pesona Keindahan Candi Plaosan

Perlu Anda ketahui bahwa Candi Plaosan merupakan sebuah candi Buddha yang bisa dilihat dari adanya arca Buddha, candi yang satu ini terbagi menjadi dua yakni Candi Plaosan Lor dan Candi Plaosan Kidul yang jika dilihat secara sekilas tampak kembar. Komplek Candi Plaosan sendiri meliputi area seluas 440 x 270 meter yang mana di dalam komplek candi tersebut Anda akan menjumpai beberapa reruntuhan batuan yang membuatnya lebih eksotis.

3. Aktivitas Menarik di Candi Plaosan

Para wisatawan yang berkunjung ke Candi Plaosan bisa melakukan berbagai macam aktivitas menarik yang menyenangkan, aktivitas yang paling sering dilakukan oleh wisatawan adalah berfoto dengan latar belakang candi yang megah. Selain itu para wisatawan juga bisa menyaksikan sunrise atau matahari terbit yang mana akan membuat suasana di komplek Candi Plaosan menjadi semakin eksotis dengan matahari yang mulai menyinari candi.

4. Fasilitas Pendukung di Candi Plaosan

Meskipun namanya tidaklah sepopuler Candi Prambanan, namun objek wisata Candi Plaosan telah memiliki beberapa fasilitas pendukung demi kenyamanan para wisatawan. Beberapa fasilitas pendukung yang bisa Anda temukan di Candi Plaosan antara lain area parkir yang cukup luas, pusat penjualan oleh – oleh, hingga rumah makan yang banyak terdapat di sekitar komplek candi sehingga Anda bisa berwisata kuliner.

Candi Plaosan merupakan salah satu objek wisata sejarah yang masih berada di Kabupaten Klaten yang mana sangat sayang untuk Anda lewatkan begitu saja.

Wisata Candi Gedong Songo, Wisata Sejarah Dengan Pemandangan Eksotik

Semarang merupakan ibukota dari Propinsi Jawa Tengah, kota yang satu ini juga menjadi kota paling besar yang ada di propinsi tersebut dengan luas wilayahnya mencapai sekitar 373 km². Kota Semarang sendiri secara geografis lokasinya berada di pesisir pantai utara dari Propinsi Jawa Tengah sehingga membuatnya berbatasan langsung dengan Laut Jawa di bagian utara, Semarang juga memiliki kawasan metropolitan sendiri yang sering disebut sebagai Kedungsapur.

Selama ini Semarang memang lebih dikenal sebagai sebuah kota industri, namun ternyata Semarang juga menyimpan potensi wisata yang sangat besar. Anda akan bisa menemukan ada banyak objek wisata menarik yang sangat layak untuk Anda kunjungi guna mengisi waktu liburan, salah satunya adalah Candi Gedong Songo. Candi yang satu ini namanya memang tidak sepopuler Candi Borobudur ataupun Candi Prambanan, namun Candi Gedong Songo memiliki pesona tersendiri yang membedakannya dengan candi – candi yang lainnya di Pulau Jawa, berikut ini ulasan selengkapnya.

1. Lokasi dan Akses Jalan Menuju Candi Gedong Songo

Candi Gedong Songo merupakan sebuah objek wisata sejarah berupa candi yang mana lokasi persisnya berada di Desa Candi, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang yang letaknya berada di atas bukit. Akses jalan menuju Candi Gedong Songo sendiri tidaklah terlalu sulit karena telah bisa dilalui oleh kendaraan baik roda dua maupun roda empat, hanya saja Anda harus berhati – hati sebab jalannya yang terbilang sempit dan penuh kelokan.

2. Sejarah Candi Gedong Songo

Candi Gedong Songo adalah salah satu candi bercorak Hindu yang ada di Jawa Tengah, candi yang satu ini ditemukan pertama kali oleh Sir Thomas Stanford Raffles pada tahun 1740. Pada awalnya hanya ditemukan tujuh buah candi saja, namun kemudian pada tahun 1908 – 1911 ada seorang arkeolog berkebangsaan Belanda yakni Van Stein Callenfels yang melakukan penelitian dan menemukan dua buah bangunan candi lainnya.

3. Pesona Keindahan Candi Gedong Songo

Setelah Anda tiba di lokasi Candi Gedong Songo, maka Anda akan menyaksikan sembilan buah bangunan candi yang sangat megah dengan arsitekturnya yang menarik. Selain itu Anda juga akan bisa menyaksikan keindahan panorama alam yang sangat mempesona, perlu Anda ketahui bahwa komplek Candi Gedong Songo ini dikelilingi oleh beberapa gunung berapi antara lain Gunung Sindoro, Sumbing, Merbabu, dan Temoloyo.

4. Aktivitas Menarik di Candi Gedong Songo

Para wisatawan yang berkunjung ke Candi Gedong Songo juga akan bisa melakukan berbagai macam aktivitas menarik yang mengasyikkan, Anda bisa bersantai sambil menikmati semilirnya angin di dataran tinggi. Anda juga bisa menaiki kuda yang banyak disewakan di kawasan ini sehingga akan memberikan pengalaman yang tak terlupakan, selain itu para wisatawan juga bisa berfoto dengan latar belakang Candi Gedong Songo yang megah.

Apabila Anda berencana untuk pergi liburan ke Semarang, maka Anda bisa berkunjung ke objek wisata Candi Gedong Songo yang memiliki panorama alam sangat eksotis.