14 Tempat Wisata di Australia

Australia memang kerap dijadikan salah satu destinasi wisata luar negeri favorit bagi orang Indonesia.Selain lokasinya yang tak begitu jauh, ada cukup banyak tempat wisata di Australia yang sangat menarik untuk dikunjungi. Ingin tahu tempat wisata apa yang sangat direkomendasikan untuk dikunjung? Berikut informasi tentang 13 tempat wisata di Australia.

1. Sydney

Sydney
Sydney (foto: http://www.altmedia.net.au)

Kota Sydney menyuguhkan banyak atraksi wisata seperti situs-situs bersejarah dan atraksi wisata kontemporer seperti bangunan yang satu ini. Anda pastinya tahu bangunan apa yang dimaksud. Sydney Opera House namanya. Desain arsitektur bangunan ini sangat unik. Sekilas bangunan ini sangat mirip dengan bentuk origami perahu dengan layar besar. Bangunan terlihat seperti mengambang di atas air karena memang letak Sydney Opera House ini berada di sebuah pelabuhan. Selain gedung opera ini, ada beberapa tempat menarik lainnya yang sayang jika dilewatkan. Sebut saja jalan sempit The Rocks, Circular Quay, Museum Contemporary Art, dan Tower Eye Observatorium yang sangat epic.

2. Melbourne

Melbourne
Melbourne (foto: http://www.dbresults.com.au)

Ada tempat menarik apa saja di Kota Melbourne? Kota Melbourne terkenal dengan suguhan seni baik seni lokal maupun seni internasional, peninggalan sejarah penduduk asli Australia (Suku Aborigin), kuliner dari berbagai negara, pertandingan olahraga, dan suguhan kehidupan malam yang meriah. Di kota ini, Anda dapat berkunjung ke Royal Botanical Gardens dan Sanctuary Healesville yang tak lain adalah pusat pemeliharaan dan pelestarian aneka satwa lokal.

3. Cairns

Cairns cocok sekali dikunjungi oleh Anda para pecinta wisata bahari. Di sini Anda dapat menikmati sejumlah olahraga air yang sangat menantang seperti diving, snorkeling, dan lain sebagainya. Kunjungi saja Great Barrier Reef, Queensland National Park, Cooktown, Cake Tribulation, dan Cape York Penisula.

4. Kangoroo Island

Pulau Kanguru
Pulau Kanguru (foto: http://www.australia.com)

Sesuai dengan namanya, Kangoroo Island merupakan sebuah pulau besar (pulau terbesar ketiga di Benua Australia) dihuni oleh satwa khas Australia, yaitu Kangoroo. Pulau ini dapat dijangkau dengan menggunakan feri dari Pulau Adelaide Kangoroo Island. Selain Kangoroo, ada juga beberapa jenis satwa liar khas Australia yang juga turut menghuni di pulau ini. Jika Anda beruntung, Anda dapat menjumpai beberapa satwa liar yang jarang muncul seperti penguin biru kecil, singa laut, dan walabi albino.

5. Gold Coast Dreamworld

Gold Coast Dreamworld menjadi sala satu dari 14 tempat wisata di Australia yang wajib Anda kunjungi karena di sini Anda akan menemukan banyak wahana permainan seru dan hiburan lainnya. Dreamworld juga memiliki pusat hiburan lainnya yang tak kalah menarik dengan wahana permainan seperti Wiggles World, Teater Imax, dan lain sebagainya.

6. King Canyon

King Canyon lokasinya berdekatan dengan Taman Nasional Watarrka.King Canyon sendiri merupakan sebuah ngarai dengan kedalaman sekitar 270 meter. Ngarai curam dan dalam ini, jika Anda telusuri, nantinya akan membawa Anda ke Garden of Eden dan sejumlah tempat menarik lainnya. Jika Anda berminat untuk mencoba menyusuri King Canyon, sangat disarankan untuk memulai perjalanan Anda pada pagi hari agar Anda leluasa mengekplor seluruh area ngarai.

7. Purnululu National Park

Purnululu National Park
Purnululu National Park (foto: http://www.australiasnorthwest.com)

Purnululu National Park terletak di Australia Barat. Tempat ini sangat indah. Suguhan panorama alam yang hijau dan subur pastinya akan menyegarkan pikiran Anda. Tempat ini relatif sepi karena sedikit pengunjung setiap harinya. Karena sepi pengunjung, lokasi ini sangat tepat untuk Anda yang ingin bersantai sejenak dengan suasana damai. Selain pemandangan alam yang menakjubkan, tak jauh dari Purnululu National Park terdapat objek menarik yang disebut Bungle Bungles yang mempunyai lapisan batu pasir yang berbentuk garis dan sepintas mirip dengan harimau.

8. Barossa Valley

Nah, tempat wisata ini menyuguhkan area perkebunan anggur yang sangat luas. Di sini Anda dapat mencicipi aneka olahan anggur, khususnya wine dengan merk terkenal seperti Orlando Wines, Yalumba, Wolf Blass, dan lain sebagainya. Tentu akan sangat unik dan tak biasa jika Anda bawakan keluarga atau teman Anda yang pecinta wine untuk dibawakan salah satu merk wine terkenal ini sebagai oleh-oleh dari Anda.

9. Walls of Jerusalem National Park Tasmania

Walls of Jerusalem National Park Tasmania sebenarnya adalah bagian dari kawasan Tasmania Wilderness World Heritage Area. Taman nasional yang satu ini diberi nama demikian karena sangat mirip dengan dinding Kota Jerusalem. Jika beruntung, Anda dapat menjumpai bunga-bunga liar mekar di kawasan taman nasional ini. Jika ingin menyaksikan bunga-bunga liar bermekaran, kunjungi Walls of Jerusalem National Park Tasmania ini antara bulan Desember hingga bulan Februari.

10. Sydney Harbour Bridge

Sydney Harbour tak lain adalah sebuah pelabuhan alami. Di area pelabuhan ini terdapat sebuah jembatan yang diberi nama Sydney Harbour Bridge yang sangat populer di kota Sydney. Jembatan ini sering sekali dijadikan sebagai lokasi berfoto oleh para wisatawan dengan Sydney Harbour sebagai latar belakangnya. Jembatan ini memiliki panjang 134 meter dan terletak di pusat Kota Sydney, jadi masyarakat Kota Sydney sudah pasti setiap hari melihatnya.

11. The Great Barrier Reef

The Great Barrier Reef adalah lokasi yang tepat untuk menikmati aneka ragam hayati.Lokasinya berada di lepas pantai Queensland. Di kawasan perairan ini terdapat Laut Coral yang tak lain adalah kawasan dengan kumpulan terumbu karang terbesar di dunia. Terumbu karang inilah yang menjadi rumah ribuan jenis organisme laut. Dan yang paling menarik dari The Great Barrier Reef ini adalah para pengunjung dapat berjumpa dengan spesies lumba-lumba bungkuk Indo-Pasifik, paus minke kerdil, kura-kura berpunggung datar, buaya air asin, kura-kura ridley, dan spesies unik dan langka lainnya.

12. Ayers Rock/ Uluru

Ayers Rock terletak di Red Center yang juga menjadi bagian dari pusat warisan dunia UNESCO. Uluru sendiri adalah jenis batuan monolit terbesar yang ada di dunia dan berada di atas tanah berkontur datar sehingga terlihat begitu kontras bila dibandingkan dengan lingkungan yang ada di sekitarnya. Banyak wisatawan, baik wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara, yang rela berkunjung di lokasi ini sejak sebelum matahari terbit. Ayers Rock akan terlihat berubah warna ketika matahari terbit atau terbenam. Sungguh misterius, bukan?

13. The Great Ocean Road

The Great Ocean Road adalah sebuah jalan di kota Melbourne dengan latar pemandangan yang sangat indah. Bahkan jalan ini diklaim sebagai jalan dengan pemandangan paling indah di dunia. Jalan ini memiliki panjang sekitar 250 km. Dulunya jalan ini didedikasikan untuk para tentara yang gugur saat Perang Dunia II. Jalan megah ini membentang melewati pantai dan tebing yang sangat indah. Di beberapa titik tertentu, pengguna jalan dapat menjumpai daerah-daerah yang dapat dijadikan sebagai area singgah.

14. Otawa National Park

Otawa National Park sangat cocok untuk Anda para pecinta hiking.Otawa National Park bukanlah satu-satunya sasaran lokasi hiking di Australia. Masih ada beberapa lokasi hiking lainnya yang boleh Anda coba, seperti Campbell National ParkĀ  yang sangat terkenal dengan batu-batu yang menjorok ke arah laut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *