Ini Dia 13 Lokasi Wisata Di Rusia Yang Menarik Untuk Dikunjungi

Ini Dia 13 Lokasi Wisata Di Rusia Yang Menarik Untuk Dikunjungi
5 (100%) 2 votes

Rusia adalah salah satu negara di benua Eropa yang tanpa disadari memiliki banyak lokasi wisata yang menarik dan tak membosankan untuk dikunjungi. Dengan banyaknya nilai sejarah yang ada, berbagai lokasi wisata di Rusia mampu menjadi magnet tersendiri untuk ditelusuri di negara dengan 4 musim ini. Berikut adalah ulasan beberapa lokasi wisata di rusia yang bisa Anda masukkan dalam daftar kunjungan Anda ketika berada di Rusia.

1. Museum Hermitage

Museum Hermitage

(foto: http://thehermitagehotel.ru)

Salah satu museum megah di Rusia yang menyimpan sejarah tentang kekaisaran Romanov adalah Mueseum Hermitage. Museum yang didirikan oleh Katherine yang diAgungkan tahun 1764 dengan hiasan ratusan pilar berwarna emas ini, menyimpan berbagai berbagai koleksi bersejarah khas kekaisaran Romanov mulai dari koleksi lukisan hingga 6 kompleks kediaman keluarga Romanov. Jika ingin berkunjung ke tempat yang satu ini, akan lebih baik Anda datang bersama seorang guide profesional agar Anda tidak tersesat mengingat besarnya gedung.

2. Masjid Lala Tulip

Masjid Lala Tulip

Masjid Lala Tulip (foto: http://brownbook.me)

Sesuai dengan namanya, masjid Lala Tulip dibangun dengan kubah yang menyerupai bunga tulip yang sedang mekar. Masjid terbesar ketiga di Rusia ini memiliki bangunan yang menyerupai sebuah bangunan opera di Sidney dan interiornya dilengkapi dengan perabot berkualitas tinggi. Suasana sekitar masjid yang banyak ditumbuhi pepohonan, menjadikan masjid tersebut terlihat asri dan nyaman.

3. Pulau Khizhi

Pulau Khizhi adalah salah satu pulau yang terletak di bagian barat laut Rusia, tepatnya di Karelia dan berbatasan dengan Finlandia. Pulau tersebut menyimpan sejarah tentang budaya Karelians yang kaya akan budaya religi maupun pertanian. Di tempat tersebut, Anda akan menemukan gereja dengan tinggi 120 kaki yang disertai transfigurasi Sang Juruselamat, rumah kayu tradisional Karelians, kincir angin, serta kapel.

4. Benteng Kremlin Moskow

Benteng Kremlin Moscow

Benteng Kremlin Moscow (foto: http://allworldtowns.com)

Jika dilihat dari sejarahnya, Kremlin awalnya merupakan benteng pertahanan yang mempertahankan Rusia dari seragan musuh, namun seiring perkembangan zaman, Kremlin yang memiliki 20 menara ini kini digunakan sebagai pusat pemerintahan sekaligus lokasi kantor Presiden Rusia. Sebagai salah satu lokasi wisata di Rusia,dalam kompleks Kremlin terdapat banyak gedung perkantoran, pusat pemerintahan, katedral, hingga Diamond Fund Exhibition yang menyimpan berlian berukuran 190 karat milik Katherine yang diAgungkan. Untuk memperkuat nilai pembelajaran sejarah tentang Rusia, Kremlin juga memiliki gedung yang menyimpan berbagai pusaka, pakaian, sekaligus kereta kuda dari Tsar Rusia.

5. Danau Baikal

Dikenal dengan sebutan “Mutiara dari Siberia,” Danau Baikal merupakan danau yang diperkirakan sudah berusia 25 juta tahun dan memiliki vegetasi alam yang sangat beragam. Danau ini juga dianggap sebagai danau tertua dan terdalam di bumi sehingga ketika para wisatawan melalui jalur Trans Siberia, banyak diantara mereka yang akan singgah untuk menikmati keindahan sekaligus udara segar yng ditawarkan di lingkungan Danau Baikal ini.

6. Gunung Elbrus

Gunung Elbrus

Gunung Elbrus (foto: http://russiatrek.org)

Pernahkah Anda mendengar tentang Gunung Elbrus yang terletak di deretan Kaukasus Rusia Selatan? Dengan tinggi mencapai 5.642mdpl, gunung yang satu ini masuk dalam kategori salah satu gunung yang memiliki puncak tertinggi diantara gunung yang ada di tujuh benua. Sehingga bagi Anda yang memiliki hobi hiking, Gunung Elbrus bisa menjadi salah satu pilihan untuk kegiatan tersebut, salah satu orang yang berhasil menaklukkan Gunung Elbrus di tahun 1874 adalah Florence Crauford Grove. Namun demikian, kegiatan pendakian di Gunung Elbrus lebih baik dilakukan oleh orang yang profesional mengingat perubahan cuaca ekstrim yang sering terjadi secara mendadak di puncak gunung maupun kontur yang curam. Gunung Elbrus dilengkapi dengan cable car yang akan membantu para pendaki untuk memulai pendakian dari ketinggian 3.800mdpl.

7. Suzdal

Sudal adalah nama sebuah kota kuno yang ada di Rusia dan didalamnya terdapat banyak bangunan bersejarah seperti katedral serta bangunan benteng yang usianya diperkirakan seudah lebih dari seribu tahun. Kawasan ini dilengkapi dengan area hijau dan merupakan warisan budaya yang dilindungi oleh UNESCO PBB.

8. The Heart of Chehnya Mosque

Rusia termasuk negara yang tolerir terhadap kebudayaan Islam terbukti dengan adanya masjid terbesar di Rusia dan dianggap terbesar pula diseluruh Eropa dengan nama The Heart of Chehnya (Jantung Chehnya). Masjid dengan 4 menara setinggi 63m ini diresmikan oleh Presiden pertama Republik Chehnya, Akhmad Kadyrov. Daya tarik masjid yang satu ini terletak pada lokasinya yang ada di pinggir pantai sekaligus kaligrafi interior masjid yang tertulis dengan tinta emas. Dalam kegiatan ibadah, sehari-harinya masjid tersebut bisa menampung sekitar 10.000 jemaah.

9. Katedral St. Sophia

Salah satu katedral bersejarah yang kini telah dialihfungsikan sebagai museum religi adalah katedral St. Sophia. Salah satu keunikan yang bisa langsung Anda temukan di bangunan ini adalah arsitektur interiornya yang menggabungkan budaya Islam, dimana disalah satu sudut ruangan Anda akan menemukan dinding yang bertuliskan Allah dan Nabi Muhammad. Hiasan lampu kristal unik dan lantai marmer yang terawat menjadikan bangunan dengan 3 gerbang mewah ini tampak elegan. Tak hanya itu, katedral yang berlokasi di Novgorod dengan 5 kubah dalam bangunan setinggi 125 kaki ini dianggap merupakan gereja tertua yang ada di Rusia.

10. Jalur Trans-Siberia

Jalur Trans-Siberia yang membentang sepanjang Benua Eurasia dari Moskow hingga Vladiovostok membutuhkan waktu sekitar 1 minggu untuk melaluinya dengan kereta, namun justru disitulah daya tarik yang bisa Anda saksikan sepanjang perjalanan, mulai dari sungai Volga, sungai Yinsei, Danau Baikal, hutan Siberia, Pegunungan Ural, hingga Pegunungan Barguzinsky.

11. Kamchatka

Salah satu wahana wisata alam yang menarik di Rusia adalah Kamchatka, dimana semenanjung yang satu ini menawarkan pemandangan dari puluhan gunung berapi yang berjejer aktif. Tak hanya ituu, saat musim semi tiba, pemandangan yang ada di sekitar semenanjung Kamchatka akan berubah menjadi padang rumput hijau yang pastinya akan sayang untuk dilewatkan begitu saja.

12. Katedral St. Brasil

Satu lagi katedral yang memiliki bangunan unik sekaligus bersejarah, yaitu Katedral St. Brasil. Gereja Ortodoks yang satu ini didirikan di Moskow sejak tahun 1555 dan bangunannya sekilas memiliki banyak kubah yang mirip dengan bangunan masjid untuk orang muslim, hanya saja kubah tersebut aslinya sengaja dibentuk untuk menyerupai api unggun dan memperingati penangkapan Kazan dan Astrakhan. Bangunan yang terletak di lapangan merah tersebut sampai saat ini masih berdiri kokoh dan memiliki interior yang sangat menarik untuk dipelajari lebih lanjut.

13. Sungai Volga

Salah satu lokasi wisata alam yang bisa Anda saksikan di Rusia adalah sungai Volga. Sungai Volga memiliki limpahan sumber mata air yang berasal dari mata air Volgoverkovye dan memiliki debit air yang selalu bertambah di bulan Maret hingga April. Sungai Volga juga kaya akan vegetasi alami yang bisa menjadi pembelajaran untuk ahli biologi maupun geologis. Semoga berbagai lokasi yang ada diatas, bisa menjadi sumber referensi Anda yang sedang merencanakan kunjungan wisata di Rusia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *